Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

Diposting pada
cara-menjaga-kesehatan-reproduksi

Halo Sobat Raphael, menjaga kebersihan alat kelamin sangatlah penting demi kesehatan organ reproduksi anda. Perilaku seperti ini haruslah dilakukan dengan rutin dan benar. Karena alat kelamin jika tidak dijaga kebersihannya maka akan mudah bagi bakteri atau kuman untuk menginfeksinya. Kebanyakan orang juga berpendapat bahwa kesehatan kelamin hanya berfokus pada kehamilan dan kelahiran. Padahal bagi pria sendiri kesehatan kelamin juga sangat penting untuk sama-sama bisa mendapatkan momongan.

Ketika alat kelamin sehat, dengan begitu hubungan intim Anda akan semakin bergairan dan menambah kepuasan. Dengan begitu hubungan rumah tangga akan semakin bertambah harmonis dan penus cinta. Oleh karena itu, pria dan wanita harus mulai sadar tentang betapa pentingnya menjadga kesehatan kelamin demi kesehatan dan keharmonisan rumah tangga.

Seberapa pentingkah kesehatan reproduksi?

Mengutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menjelaskan bahwa kesehatan reproduksi merupakan kondisi sejahtera sepenuhnya dari segi fisik, mental, sosial, fungsi, dan proses yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Dengan menjaga organ reproduksi yang sehat, seseorang akan memperoleh kehidupan seksual yang aman dan penuh kepuasan. Serta dapat bereproduksi untuk mendapatkan keturunan. Sistem reproduksi yang sehat akan dapat menghasilkan, melindungi dan membawa sel telur atau sperma dengan baik.

Sistem reproduksi pada pria meliputi buah zakat (skrotum), penis dan testis. Sedangkan sistem reproduksi dari perempuan yaitu rahim (uterus), vagina, ovarium, tuba falopi, dan vulva. Tak sedikit orang yang menyepelekan masalah kesehatan reproduksi ini. Padahal organ reproduksi menjadi bagian yang paling rentan terjadi masalah. Ketika Anda mengabaikan kesehatan reproduksi maka akan meningkatkan terjadinya masalah bahkan mungkin sampai terinfeksi penyakit menular seksual.

Masalah kesehatan pada sistem reproduksi

Organ reproduksi menjadi salah satu organ yang cukup mudah untuk terkena infeksi atau terjadi masalah kesehatan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang cukup sering terjadi, seperti:

Penyakit menular seksual

Ketika seseorang cuek atau tidak memperhatikan kondisi kesehatan reproduksinya dengan baik maka resiko terkena penyakit menular seksual (PMS) bisa sangat berpotensi. Terlebih jika ia melakukan aktivitas seksual yang berbahaya seperti tidak memakai kondom atau mempunyai banyak pasangan seksual. Hal tersebut sangat meningkatkan seseorang terkena infeksi menular seksual dari pasangannya.

Berbagai contoh penyakit menular seksual yang sangat berpotensi menginfeksi pada seseorang yang tidak menjaga kesehatan kelaminnya yaitu:

Masalah kesuburan

Ketidaksuburan pada pria maupun wanita menjadi ancaman bagi mereka yang tidak menjaga kesehatan organ reproduksinya dengan baik. Akibatnya pasangan yang mengalami masalah kesuburan, mereka sulit untuk mendapatkan keturunan. Meskipun kondisi seperti ini cukup banyak terjadi dikalangan masyarakan, namun masalah ini sebenarnya menjadi masalah yang cukup serius.

Cara menjaga kesehatan reproduksi

Setelah kami uraikan penjelasan tentang betapa pentingnya kesehatan reproduksi manusia maka diharapkan setelah Anda membacanya maka akan lebih menjaga organ reproduksi. Karena organ reproduksi ini sangatlah penting bagi seseorang. Berikut ini beberapa cara untu menjaga organ reproduksi tetap sehat, seperti:

Menjaga kebersihan kelamin

Kebersihan menjadi salah satu ciri dari kesehatan, alat kelamin yang dijaga bersih akan memberikan kesehatan untuk kelamin. Adapun hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kelamin yaitu:

  • Bersihkan kelamin setelah Anda buang air kecil maupun besar, sebelum dan sesudah hubungan badan.
  • Jaga area kelamin agar selalu kering untuk menghindari kelembapan.
  • Gunakan celana dalam yang nyaman dan tidak ketat.
  • Bagi wanita, tidak disarankan untuk menggunakan sabun pembersih area kewanitaan.
  • Bagi pria, disarankan untuk melakukan sunat atau sirkumsisi untuk mencegah infeksi bakteri.

Hindari seks bebas

Hubungan seks bebas jika dilakukan maka akan meningkatkan resiko seseorang terinfeksi berbagai macam penyakit kelamin maupun infeksi. Karena biasanya masalah kesehatan kelamin sering diakibatkan karena adanya infeksi dari virus maupun bakteri. Ketika seseorang mempunyai banyak pasangan seksualnya maka bukan tidak mungkin pada salah satu pasangan tersebut sedang terinfeksi bakteri. Lalu ketika berhubungan badan dengannya, bakteri akan menular melalui cairan tubuh seperti sperma.

Perilaku seks aman untuk menjaga organ reproduksi tetap sehat, seperti:

  • Setia pada satu pasangan.
  • Kenakan kondom saat mau melakukan hubungan intim.
  • Sebelum hubungan badan, perhatikan kebersihan area kelamin.
  • Konsultasi dokter kelamin secara rutin untuk mengecek kesehatan diri dan pasangan.

Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat untuk dikonsumsi akan memberikan efek kesehatan yang baik bagi tubuh, termasuk pada organ reproduksi. Ketika makanan yang dikonsumsi merupakan makana sehat dan bergizi, maka kondisi tubuh akan selalu terjaga kesehatannya. Ditambah jika Anda juga mengkonsumsi vitamin-vitamin baik untuk membantu suplay kebutuhan dalam tubuh. Maka kondisi kesehatan tubuh dan organ intim akan ikut terjaga.

Makanan yang disarankan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, yaitu:

  • Minum susu murni.
  • Jangan mengkonsumsi lemak trans.
  • Konsumsi karbohidrat yang banyak mengandung serat seperti sayur, buah dan gandum utuh.
  • Untuk kebutuhan protein ada pada kacang, tahu dan biji-bijian.
  • Untuk zat besi ada pada bayam, labu, tomat dan kacang.
  • Tambahan asupan multivitamin seperti asam folat.

Atur pola hidup yang sehat

Pola hidup yang sehat akan memberikan kebaikan pada tubuh juga termasuk sistem reproduksi Anda. Lakukan olahraga yang teratur dan sesuai porsi kebutuhan tubuh. Hindari mengkonsumsi rokok, alkohol juga obat-obatan terlarang. Bagi yang sudah terbiasa merokok dan meminum alkohol, memang untuk berhenti mengkonsumsinya menjadi hal yang cukup sulit.

Cobalah untuk mulai untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampai Anda sepenuhnya tidak lagi mengkonsumsinya. Lakukan dengan niat dan tekad untuk kesehatan tubuh Anda agar menjadi motivasi dalam menjalaninya. Jangan lupakan untuk meminta dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda Gratis dengan Klinik Raphael melalui chat WhatsApp di nomor 0813 9625 4650 atau melalui link https://bit.ly/Klinikraphael. Konsultasikan dengan kami maka kami akan segera membantu Anda dan memberikan solusi yang terbaik untuk kondisi kesehatan yang lebih sehat lagi. Terima kasih.

Klinik kulit kelamin
Penyebab Eksim Kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.