faktor resiko penyebab munculnya ketombe

Faktor Resiko Munculnya Ketombe Basah

Ketombe ialah serpihan kulit kepala yang berwarna putih atau kuning yang mudah terlihat dan jatuh ke bahu.

Meskipun tidak menular dan sangat jarang menjadi penyakit yang serius, ketombe dikepala tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri bagi yang mengalaminya.

Masalah ketombe atau dandruff ini merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Menurut beberapa penelitian, 50% orang dewasa di seluruh dunia pernah memiliki ketombe di kepala dalam jangka yang panjang (kronis).

Faktor Resiko Munculnya Ketombe

Hampir semua orang dewasa dapat memiliki ketombe di kepalanya. Terdapat beberapa faktor resiko tertentu yang dapat membuat seseorang lebih rentan untuk mengalami kondisi ini, yaitu:

Usia

Kondisi ini umumnya terjadi pada orang dewasa muda dan juga dewasa lanjut hingga usia paruh baya.

Faktor usia dapat menyebabkan munculnya ketombe basah karena perubahan fisik dan hormon yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa usia dapat mempengaruhi munculnya ketombe basah:

• Perubahan hormon
  • Penurunan sistem imunitas
  • Efek samping dari produk kesehatan atau obat
  • Penurunan kesehatan kulit termasuk kulit kepala

Jenis kelamin

Jenis kelamin bisa mempengaruhi munculnya ketombe basah. Perbedaan hormon antara pria dan wanita serta perbedaan dalam rutinitas perawatan rambut dan kulit kepala dapat berkontribusi pada risiko ketombe basah.

Secara umum, pria lebih berisiko mengalami masalah ketombe basah dibandingkan wanita. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pria cenderung lebih rentan terhadap kondisi ini:

• Kurang memperhatikan perawatan kulit kepala
  • Penyakit dermatitis seboroik lebih sering terjadi pada pria
  • Produksi sebum (minyak alami kulit) lebih tinggi dibanding wanita

Penyakit tertentu

Diantaranya penyakit parkinson mempengaruhi sistem saraf otonom, yang mengatur banyak fungsi tubuh otomatis, termasuk produksi keringat dan sebum. Begitu juga dengan HIV atau sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Riwayat penyakit kulit

Mempunyai riwayat penyakit kulit bisa menyebabkan munculnya ketombe basah karena kondisi-kondisi tersebut sering kali mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan produksi sebum.

Semua itu dapat menciptakan lingkungan kulit yang mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri.

Macam-macam penyakit kulit yang bisa menyebabkan munculnya ketombe basah:

• Eksim
  • Lichen planus
  • Psoriasis kulit kepala
  • Dermatitis kontak juga seboroik
  • Tinea capitis (kurap kulit kepala)

Kondisi kulit berminyak

Kondisi kulit berminyak bisa menyebabkan munculnya ketombe basah karena beberapa faktor yang berhubungan dengan produksi sebum berlebih dan pertumbuhan mikroorganisme.

Berikut penjelasan mengapa kulit berminyak berkontribusi terhadap ketombe basah:

• Gangguan pada siklus regenerasi kulit
  • Pertumbuhan jamur Malassezia yang berlebihan
  • Memproduksi sebum (minyak alami kulit) berlebih

Apakah Berketombe Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

penyebab ketombe basah

Sebenarnya ketombe jarang sekali menyebabkan komplikasi dan kebanyakan orang tidak perlu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat. Namun, terkadang ketombe dapat mengindikasikan kondisi-kondisi medis tertentu yang lebih serius.

Seorang yang mengalami kondisi ini harus mencari bantuan medis jika:

• Terasa sangat gatal
  • Bertambah parah dan perawatan dirumah tidak membantu
  • Adanya tanda-tanda eksim, psoriasis atau juga kondisi kulit lainnya
  • Muncul tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, nyeri tekan atau juga bengkak
konsultasi dokter online
Konsultasi gratis (WhatsApp)

Komplikasi terkadang dapat saja terjadi akibat pengobatan ketombe. Jika shampo atau perawatan kulit kepala menyebabkan terjadinya iritasi, segera hentikan pemakaian dan cobalah produk lainnya.

Pencegahan yang Harus Dilakukan

Untuk mencegah masalah ketombe basah, penting untuk mengambil langkah-langkah yang menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala serta mengontrol produksi minyak berlebih.

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan:

• Mengelola stres
  • Lakukan pola hidup sehat
  • Menjaga kebersihan area kulit sekitar kepala
  • Jangan menggunakan produk yang tidak cocok
  • Menggunakan produk perawatan kulit kepala yang tepat

Itulah pembasahan tentang faktor resiko yang bisa menyebabkan munculnya masalah ketombe basah. Diharapkah bagi Anda yang sudah membacanya dapat memahami dan mencoba untuk memprakterkkannya dengan benar.

Terima kasih, semoga membantu