Bahaya Testis Bengkak (Varikokel) Menyebabkan Kemandulan

Penyakit varikokel

Penyakit varikokel mungkin tidak terlalu terbiasa dengan telinga, tetapi kasus ini cukup berpengalaman dan disebut sebagai salah satu penyebab infertilitas pria. Apakah itu benar ? Sebelum mendiskusikan hal di atas, akan lebih baik jika Anda tahu apa itu penyakit varikokel, apa yang menyebabkannya dan bagaimana mengobati varikokel dengan bahan-bahan alami.

Varikokel (varicocele) adalah Pelebaran vena (pembuluh darah) yang terletak di dekat buah zakar, sehingga menyebabkan gangguan fungsi sperma. Kerusakan kualitas sperma menyebabkan peradangan testis. Pembuluh darah yang diperluas di area dekat skrotum disebabkan karena kegagalan katup. Katup ini bekerja untuk menyalurkan darah dari buah zakar ke jantung.

Biasanya, pembuluh darah dalam fungsi sumsum serum untuk mengirim darah testis tidak dapat dilihat. Ketika salah satu testis bengkak, maka pembuluh darah menunjukkan pembesaran, yang membuatnya gampang dilihat. Untuk ukuran varikokel ini, itu bervariasi sebagai sensasi dan terlihat seperti sekantong cacing di skrotum. Sebenarnya penyakit ini cukup mirip dengan penyakit varises, tetapi tempat yang berbeda. Jika varises tumbuh pada betis atau kaki, tetapi penyakit varikokel terjadi pada testis.

Kemungkinan bahaya akibat penyakit varikokel

Terjadi penyakit varikokel sebagai akibat dari pembuluh darah yang bengkak atau pembesaran sehingga terlihat seperti urat yang menonjol atau sering berasimilasi dengan nama “gumpalan cacing” di testis. Varikokel tidak merujuk ke kanker dan biasanya tidak berbahaya. Namun, jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infertilitas.

Biasanya, penyakit varikokel ini menyerang pada pria pubertas atau usia reproduksi yang menyerang organ kiri testis. Memang, struktur pembuluh darah kiri berpotensi disematkan oleh pembuluh darah lainnya juga merupakan tekanan yang lebih besar. Tetapi bahkan jika ini terjadi di salah satu testis, itu selalu dapat mempengaruhi produksi spermatozoa di kedua testis.

Penyebab testis mengalami pembengkakan

Pembengkakan pada testis

Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, tetapi biasanya katup pada pembuluh darah menyumbat aliran darah sehingga pembentukan varikokel terjadi ketika. Ada pula, akibat berat badan yang berlebih dapat lebih beresiko mengalami testis bengkak atau varikokel. Masalah utama varises dan testis bengkak karena pembuluh darah vena. Ini adalah pembuluh darah yang bertanggung jawab sebagai pengalir darah kembali ke jantung.

Terdapat katup seperti pintu yang dapat secara otomatis terbuka dan tertutup ketika darah mengalir. Jika katup ini rusak maka dapat menyebabkan aliran darah kembali berbalik arah atau mengendap. Semakin lama katup ini rusak maka akan semakin banyak darah yang mengendap. Akibatnya pembuluh darah atau vena menjadi bengkak dan melebar.

Terdapat beberapa penyebab testis menjadi bengkak yaitu :

1. Stres
  2. Akibat cidera
  3. Kurangnya istirahat
  4. Terlalu lama duduk
  5. Celana dalam yang ketat
  6. Kurang air putih dalam tubuh
  7. Sering Beraktivitas yang berat

Gejala testis bengkak

Ada beberapa pria yang tidak merasakan gejala ketika mengalami testis bengkak. Baru ketika menjalani pemeriksaan ia mengetahui bahwa ia mengalami varikokel. Ada pula yang mengalami rasa sakit atau tidak nyaman saat berdiri atau ketika melakukan aktivitas fisik yang berat dan lama. Untuk kasus testis bengkak yang mudah diketahui yaitu dengan cara diraba langsung.

Gejala pada orang yang mengalamintestis bengkak yaitu :

1. Kantong testis terasa berat dan memiliki urat yang menonjol
  2. Testis terasa sakit (bisa ringan maupun tajam)
  3. Semakin sakit saat beraktivitas yang berat atau berdiri
  4. Rasa sakit hilang jika posisi tubuh berbaring

Karena biasanya tidak bergejala, sehingga tidak perlu pengobatan. Akan tetapi, anda harus segera mencari pengobatan atau pergi ke dokter kelamin terdekat jika varikokel menyebabkan gejala seperti biji testis bengkak, testis menciut atau mengecil, atau juga ada masalah dengan kesuburan anda.

Tips mencegah pembengkakan pada testis

Lebih baik mencegah dibandingkan harus mengobati, begitu kiranya kalimat sederhana tapi dapat menjadi motivasi untuk kesehatan tubuh. Anda harus berupaya melakukan pola hidup yang sehat agar mencegah tubuh terkena penyakit termasuk varikokel atau testis bengkak. Untuk itu lakukan beberapa tips berikut ini yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dalam mencegah penyakit varikokel yaitu :

1. Jangan mudah stres
  2. Lakukan olahraga yang rutin