8 Cara Alternatif Mengobati Kutil di Penis

cara mengobati kutil di penis

Mengobati kutil di penis dengan cara alternatif dapat kamu lakukan dengan sendiri hanya dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan, yuk baca selengkapnya. Tapi sebelum pembahasan tentang cara alternatif mengobati kutil kelamin, klinik kelamin akan terlebih dahulu menjelaskan tentang penyakit kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin merupakan adanya pertumbuhan daging yang tidak biasa dan terdapat pada area sekitar kulit kelamin atau dubur. Infeksi kutil di area kelamin ini biasanya diakibatkan karena HPV (human papilloma virus). Jika tidak segera dilakukan penanganan maka kutil ini juga dapat mudah menyebar pada bagian tubuh lainnnya.

Kutil pada area kelamin menjadi infeksi penyakit menular seksual yang paling umum menginfeksi baik itu pria ataupun wanita. Dalam setahun jumlah kasus orang yang terinfeksinya terus bertambah. Dibandingkan dengan infeksi penyakit herpes, kutil kelamin dua kali lebih cepat dalam peningkatan jumlah infeksinya. Bentuk kutil kelamin seperti daging dan tumbuh tidak beraturan di area genital atau anus.

Penyebab infeksi kutil kelamin

Condylomata acuminate atau yang kita lebih kenal dengan sebutan kutil kelamin termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh jenis Human Papilloma Virus (HPV) tertentu. Infeksi ini dapat menular melalui hubungan seksual dengan orang yang sudah lebih dahulu terinfeksi. Berbagi alat bantu seks (seks toys) dengan orang yang terinfeksi juga dapat menularkan virus ini pada Anda. Biarpun bentuknya terlihat sama seperti kutil yang ada pada tangan atau kaki, namun jika menginfeksi wanita dapat memicu penyakit kanker serviks.

Jangan beranggapan bahwa kami menakut-nakuti Anda. Memang benar beberapa dari jenis HPV dapat menyebabkan wanita terkena kanker serviks. Oleh karenanya jika Anda terlebih bagi wanita terdapat kutil pada area kelaminnya maka segera lakukan pengobatan. Pada artikel ini kami bahas tentang cara alami menghilangkan kutil kelamin yang patut dicoba. Tentunya sebelum anda melakukan pengobatan pengobatan alami kutil kelamin terlebih dahulu untuk konsultasi dengan dokter kelamin terdekat Anda. Tujuannya supaya cara yang dilakukan benar juga untuk menghindarkan kemungkinan terjadinya iritasi yang lebih serius.

Cara mencegah penularannya

Untuk mencegah infeksi HPV jenis 6, 11, 16, 18 dapat disarankan untuk melakukan vaksin khusus seperti Gradasil. Yang perlu anda ketahui bahwa vaksin ini berfungsi untuk pencegahan yang diberikan sebelum Anda terinfeksi HPV. Ketika Anda telah dinyatakan terinfeksi maka vaksin ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Vaksin HPV baiknya diberikan sebelum seseorang pertama kali melakukan hubungan seksual.

Anda perlu juga mewaspadai ketika hendak melakukan hubungan seksual untuk mengenakan kondom. Memang walaupun Anda telah mengenakan kondom tetapi potensi untuk terinfeksi kutil kelamin masih ada. Terlebih jika anda sering berganti pasangan seksual karena bukan tidak mungkin diantara mereka telah terinfeksi virus HPV kemudian menularkannya pada anda.

Disarankan bagi anda untuk tidak menyentuh pada area yang telah terinfeksi kutil kelamin. Karena jika Anda menyentuhnya dan menyentuh bagian kulit lain maka kutil dapat mudah menyebar. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun dengan menyeluruh untuk menghilangkan virus pada tangan.

8 cara pengobatan kutil kelamin dengan bahan alami

Ada 9 cara alternatif untuk mengobati kutil di penis di rumah dengan tujuan untuk meredakan gejala yang muncul akibat infeksi virus. Namun perlu Anda ingat bahwa sebelum mengobati kutil di penis dengan cara alami sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kelamin terdekat atau tenaga medis lainnya. Jangan anggap cara alternatif ini sepenuhnya aman tetapi bisa saja jika Anda melakukannya dengan salah, maka dikhawatirkan menyebabkan iritasi. Oleh karenanya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terdekat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat melakukan pengobatan.

Halo sahabat raphael, jika Anda ingin berkonsultasi online secara gratis mengenai cara alternatif untuk mengobati kutil di penis maka segera hubungi dokter terbaik klinik raphael. Caranya cukup dengan klik tautan “KONSULTASI ONLINE GRATIS” atau hubungi nomor 0813-9625-4650. Jangan takut dan jangan ragu karena kami menjamin privasi Anda.

Berikut ini ada 8 cara alternatif untuk mengobati kutil di penis yang dapat Anda lakukan sendiri yaitu :

Jus bawang merah

Terlebih dahulu jus bawang merah dengan menambahkan garam untuk mengekstrak lebih banyak jus bawang. Setelah itu pakai jus bawang untuk melumasi pada area penis yang terinfeksi kutil. Potong kecil-kecil bawang bombay lalu taburi dengan sedikit garam dan simpan di piring selama kurang lebih 8 sampai 10 jam. Kemudian olesi area kutil dengan menggunakan kapas pada setiap 4 jam sekali sampai kutil mulai menghilang.

Bawang putih

Kandungan yang terdapat pada bawang putih ternyata juga mampu untuk menghambat sel-sel yang sudah terinfeksi virus HPV untuk menyebar. Untuk cara alternatif untuk mengobati kutil di penis dengan menggunakan bawang putih dengan cara memotongnya hingga hancur. Setelah hancur kemudian oleskan bawang putih pada area penis yang terinfeksi kutil. Pengobatan dengan bawang putih ini menyebabkan efek rasa panas atau seperti terbakar namun hal tersebut memang wajar. Diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah area kutil sudah dilumuri oleh bawang putih. Lalu bersihkan menggunakan kapas dan lakukan cara alternatif untuk mengobati kutil di penis menggunakan bawang putih ini selama 7 hari.

Teh hijau

Kita sudah tau bahwa teh hijau menjadi bahan alternatif untuk minuman dengan banyak manfaat. Ternyata tak hanya diolah menjadi minuman saja tapi mempunyai manfaat lain. Teh hijau yang berasal dari flora Camellia sinensis mengandung polyphenon E yang mampu menjadi salah satu cara alternatif untuk mengobati kutil di penis. Sinecatechins (Veregen) atau teh yang telah diubah menjadi salep memiliki kandungan antioksidan polifenol tinggi. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan salep pada luka akibat kutil. Atau juga dapat dicampurkan dengan dua tetes minyak kelapa yang kemudian dikompres pada area kutil. Lakukan pengobatan seperti ini 3 kali dalam sehari.

Daun zaitun

Menurut Curejoy kandungan yang terdapat dalam daun zaitun mengandung kadar antivirus yang mempunyai manfaat untuk mengurangi virus HPV. Tak hanya itu manfaat lain yang terkandung dalam daun zaitun yaitu dapat memperbaiki sistem imun atau daya tahan tubuh. Dalam mengobati kutil pada penis menggunakan daun zaitu yaitu dengan meminum teh hangat yang berbahan dari daun zaitun. Anda dapat meminum teh daun zaitun ini kurang lebih 2 sampai 4 gelas setiap harinya.

Cuka apel

Sudah banyak orang yang telah merasakan manfaat dari cuka apel sebagai cara alternatif untuk mengobati kutil di penis. Cuka apel memiliki kandungan asam yang dapat melawan kutil, walaupun asam tidak bisa membunuh virus namun dapat membuat lapisan permukaan kulit mengelupas. Dengan begitu kutil yang disebabkan oleh infeksi virus akan hilang.

Cara pengobatannya yaitu dengan mengoleskan cuka sari apel setiap malam sebelum Anda tidur di area penis yang terinfeksi kutil. Kenakan perban untuk melindungi area yang telah dioleskan oleh cuka apel selama anda tertidur. Saat pagi lepaskan semua bahan dan bersihkan area kulit dengan air hangat. Efek dari pengobatan ini yaitu muncul rasa gatal atau bahkan seperti sensasi terbakar dan terasa sakit. Lakukan metode pengobatan ini pada setiap malah sampai dirasa kondisi Anda semakin membaik atau kutil di penis menghilang.

Tanaman lidah buaya

Zat asam (malic acid) yang terkandung dalam tanaman lidah buaya mempunyai manfaat untuk menghilangkan kutil di penis. Selain itu vitamin C pada tanaman lidah buaya juga dapat meringankan peradangan. Cara pengobatan kutil di penis menggunakan tanaman lidah buaya yaitu dengan mengoleskan 1 sampai 2 sendok ekstrak gel dari lidah buaya. Tunggu sampai kurang lebih 15 atau 20 menit yang kemudian dibersihkan. Lakukan pengobatan tersebut 2 kali dalam sehari.

Tea tree oil

Pohon Melaleuca alternifolia atau tree tea oil ini punyai sifat anti jamur, anti virus dan anti bakteri. Sehingga kandungan dari pohon ini dapat membantu tubuh dalam melawan virus HPV. Karena kita tau bahwa infeksi kutil di penis disebabkan oleh virus HPV dari jenis tertentu. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kelamin terdekat dari rumah anda sebelum melakukan beberapa pengobatan.

Tea tree oil dapat menghilangkan kutil di penis dengan cara menggosokkan atau oleskan minyak dari pohon teh pada area kutil menggunakan kapas. Efek dari metode pengobatan ini yaitu dapat menimbulkan sensai menggigit ringan namun hal tersebut merupakan wajar. Lakukan sekali dalam sehari selama kurang lebih seminggu. Setelah dilakukan pengobatan dengan minyak dari pohon teh biasanya kutil akan berubah warna menjadi keputihan lalu kemudian rontok.

Untuk beberapa orang tertentu teatree oil dapat memicu alergi. Untuk itu sebelum tea tree oil in dioleskan pada kutil maka cobalah dioleskan ke kulit tangan. Jika sudah melewati 24 jam tidak muncul efek yang mengganggu maka tea tree oil dapat dioleskan pada kutil di area penis atau vagina.

Suplemen vitamin C

Dalam pengobatan kutil di penis ini dapat menggunakan tablet suplemen vitamin C. Walaupun ia berbentuk tablet namun untuk kasusu kutil kelamin cara pengobatannya bukan diminum namun dihancurkan menjadi bubuk. Bubuk tersebut kemudian dicampur dengan sedikit air lalu diaduk. Ketika sudah menjadi seperti pasta maka cara pengobatannya yaitu dioleskan pasta di arena penis yang terinfeksi kutil lalu tutup menggunakan plester. Saat malam hari plestes dilepaskan untuk membuat area kutil terkena angin. Pengobatan ini dilakukan selama beberapa hari sampai mendapatkan hasil yang baik.

Itulah 8 cara alternatif untuk mengobati kutil di penis yang dapat Anda lakukan di rumah tentunya dengan saran dari dokter kelamin terdekat. Alangkah baiknya anda dapat mencegah dari penularan infeksi kutil di kelamin inidari pada harus mengobati. Sayangi diri anda dengan mencegah dari penularan penyakit menular seksual lainnya. Dengan begitu hidup menjadi lebih sehat untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Klinik kulit kelamin
Penyebab Eksim Kering