Waspada Ambeien atau Wasir Jika Anda Terlalu Lama Duduk

Diposting pada
Penyakit-wasir-atau-ambeien

Waspada Ambeien atau Wasir Jika Anda Terlalu Lama Duduk – Ingin mengobati penyakit ambeien atau wasir dengan aman? kunjungi dokter terdekat Anda untuk berkonsultasi dan melakukan pengobatan. Apakah anda sudah tau tentang penyakit ambeien ini ? Penjelasan tentang penyakit ambeien atau wasir kita akan bahas pada artikel kali ini. Baca dengan teliti agara Anda memahaminya, yuk simak ulasannya.

Penyakit ambeien atau wasir terjadi karena adanya pembengkakan yang terjadi pada organ anus (lebih tepatnya pada pembuluh vena). Pembengkakan ini menyebabkan rasa sakit, buang air besar berdarah dan muncul rasa gatal. Anda menderita penyakit ambeien atau wasir dan ingin segera melakukan pengobatan. Datanglah ke penyedia layanan kesehatan setempat untuk segera mendapatkan penanganan penyakit Anda. Jangan tunggu lama atau berharap penyakit akan sembuh karena penyakit ini mungkin saja akan dapat kembali muncul.

Penyakit ambeien atau wasir terbagi jadi beberapa jenis, seperti:

  1. Internal hemorrhoid, pembengkakan yang terjadi di dalam saluran rektum, tidak terasa sakit tapi dapat menyebabkan feses yang berdarah.
  2. Ambeien prolaps, terjadi akibat ambeien internal atau internal hemorrhoid yang semakin parah. Pembengkakan semakin besar sehingga sudah tidak bisa dikembalikan dengan didorong oleh jari.
  3. External hemorrhoid, pembengkakan yang terjadi di luar anus, terasa gatal atau nyeri, kadang bisa robek dan berdarah.
  4. Ambeien trombosis, terjadi karena komplikasi ambeien internal maupun eksternal. Saat gumpalan darah terjadi pada benjolan.

Gejala dari penyakit ambeien

Gejala yang dirasakan akibat penyakit ambeien atau wasir ini berbeda tergantung jenisnya. Untuk internal hemorrhoid biasanya tidak menimbulkan gejala tetapi fases yang keluar dapat bercampur dengan darah. Sedangkan untuk gejala external hemorrhoid yaitu :

  1. Ketika duduk terasa tidak nyaman seperti perih, gatal bahkan sampai terasa sakit.
  2. Adanya benjolan yang muncul di dekat atau keluar dari lubang anus.
  3. Jika benjolan semakin besar maka dapat membuat sulit untuk buang air besar.

Pencegahan wasir dengan mengkonsumsi makanan

Apa yang dimakan sangat berpengaruh pada kesehatan termasuk untuk penyakit ambeien atau wasir ini. Oleh karenanya Anda harus memperhatikan makanan apa yang anda konsumsi. Konsumsi makanan yang mengandung zat gizi seperti serat dan air. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk pencegahan penyakit wasit atau juga dapat mencegah penyakitnya semakin parah, seperti :

  1. Sayur-sayuran diantaranya kembang kol, brokoli, bayam, kangkung, wortel dan kentang.
  2. Buah-buahan diantaranya semangka, ceri, kurma, anggur, pisang dan apel.
  3. Biji-bijian diantaranya gandung dan jagung.
  4. Kacang-kacangan diantaranya kacang hijau, kacang polong dan almon.

Penyakit ambeien atau wasir disebabkan oleh

Untuk segudang persoalan bagi para pekerja kantoran (duduk yang cukup lama) jumlah penderitanya kian meningkat. Demikian juga penyebab primer adalah pola makan, terutama asupan karbohidrat yang tinggi dan mengkonsumsi serat yang rendah. Ketika Kamu tengah buang air besar dan ‘Memaksa’ tinja untuk keluar juga merupakan faktor yang berkontribusi.

Informasi baiknya adalah bahwa 80 persen penderita ambeien mendapat pengobatan di satu atau dua minggu dari munculnya gejala. Kabar buruknya adalah lebih berasal dari 50 persen penderita ini akan muncul ulang. Penelitian sudah perlihatkan bahwa 50 persen penderita yang bukan mengalami agresi berulang wasir sebagai ‘Peringatan kesehatan’. Supaya ia bisa melaksanakan sesuatu untuk mempengaruhi pola hidup jadi lebih sehat.

Kami sarankan untuk menghindari duduk yang lebih lama. Jangan makan siang di kantor sambil duduk sangat lama dan mulailah berolahraga. Berjalanlah di area lingkungan kantor walaupun jaraknya tidak jauh selama 20 menit. Ini dapat menyebabkan darah mengalir di kira-kira tempat dubur dan berfungsi untuk melonggarkan tinja Kamu dan menutup sembelit.

Faktanya, berjalan kaki di siang hari mempunyai manfaat kebugaran tambahan yang terkandung. Selain itu diet merupakan penyebab terbesar berasal dari wasir. Penyebabnya yaitu dikarenakan pola makan yang tidak teratur dan seimbang, rendah serat dan buah, juga tinggi gula dan karbohidrat. Jika suka makanan junk food maka hilangkan atau setidaknya mengurangi. Mengonsumsi sayuran yang enak kalau Kamu kurang suka maka masukkan serat tersebut ke dalam diri Kamu. Jangan amat sedikit mengkonsumsi sayuran yang baik, gara-gara hal ini mampu benar-benar menguntungkan di dalam upaya pencegahan penyakit ambeien atau wasir.

Cara mengobati penyakit ambeien atau wasir

Wasir atau ambeien dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal yang konsisten dan terus menerus ketika Kamu memilikinya. Tenang saja banyak cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengobati benjolan penyakit ambeien ini. Kamu harus laksanakan pengobatan kepada dokter atau dokter kelamin terdekat untuk mencoba mengobati penyakit ambeien atau wasir.

  1. Salah satu pengobatan untuk penyakit ambeien atau wasir adalah ligasi karet gelang yang ditempatkan di kurang lebih wasir eksternal. Tujuannya untuk memotong suplai darah dan menimbulkan uap lalu wasir akan jatuh dengan sendirinya.
  2. Skleroterapi adalah mekanisme tambahan dimana penyakit ambeien atau wasir disuntik bersama sepotong yang menyebabkan wasir jadi keras dan mati.
  3. Terapi cryosurgery untuk membuat penyakit ambeien atau wasir mengeras yang perlu anda perhatikan bahwa terapi ini memiliki efek samping.
  4. Pengobatan hemoroidektomi untuk persoalan wasir yang berulang atau kronis. Ini adalah mekanisme pembedahan yang lebih invasif. Type pertama adalah pengangkatan jaringan ambeien. Ini adalah pilihan yang paling disukai dikarenakan tersedia alasan bahwa inkontinensia akan jadi pilihan bagi tak terhitung pasien. Mekanisme lainnya, hemoroidektomi yang dijepit melibatkan reseksi jaringan lunak ke garis dentate dan bersama dengan demikian membatasi genre darah ke wasir.

Pengobatan wasir yang dapat dilakukan di rumah

Cara mengatasi penyakit ambeien atau wasir yang perlu Anda lakukan adalah tentang pola hidup yang sehat seperti :

  1. Rutin berolahraga.
  2. Selalu menjaga kebersihan area sekitar anus.
  3. Meredakan bengkak dengan mengkompres anus dengan es pada kantong.
  4. Hindari menggunakan kertas pembersih toilet yang kasar dan kering.
  5. Minum air putih yang banyak dan konsumsi makanan yang tinggi serat.
  6. Berendam dengan air hangat setiap hari kurang lebih selama 10 menit.

Sebaiknya jika anda menderita penyakit ambeien atau wasir ini segera datang ke penyedia layanan kesehatan terdekat. Apalagi pendarahan sudar terjadi selama seminggu bahkan lebih walaupun sudah mencoba mengatasi wasir di rumah. Perlu anda ketahui bahwa anus berdarah tidak selalu disebabkan karena penyakit ambeien atau wasir tetapi bisa saja disebabkan oleh penyakit lainnya. Oleh sebab itu segera konsultasikan dengan dokter kelamin terdekat jika terjadi gejala atau perubahan yang tidak biasa pada tubuh anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan Klinik Raphael terkait permasalahan kesehatan seperti wasir maupun penyakit menular seksual lainnya. Jangan ragu atau tunggu lama, karena ini demi kesehatan anda. Konsultasikan dengan kami melalui chat whatsapp gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

Klinik kulit kelamin
Penyebab Eksim Kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.