Penyebab Susah Hamil Mungkin Karena Efek Penyakit Kelamin

Diposting pada
susah hamil pada wanita

Penyebab Susah Hamil Pada Wanita bisa jadi karena ada riwayat infeksi penyakit menular seksual pada diri Anda. Infeksi ini mungkin saja menular pada diri Anda melalui hubungan intim dengan pasangan yang lebih dahulu terinfeksi. Tak hanya berakibat buruk pada kesehatan tetapi penyakit kelamin bisa saja mengganggu kesuburan bahkan sampai menyebabkan sulit untuk hamil. Untuk itu jika Anda mempunyai riwayat tentang penyakit kelamin ini maka harus dipastikan kesembuhannya. Agar tidak berakibat semakin buruk bagi kesehatan maupun kesuburan.

Kok bisa sulit hamil karena penyakit kelamin?

Ketika seseorang terinfeksi penyakit menular seksual atau penyakit kelamin dan ia tidak segera melakukan pengobatan maka akan berdampak buruk pada kesehatan bahkan kesuburan. Terutama pada ketika jenis penyakit kelamin berikut ini sangat mungkin akan mempunyai efek buruk pada kesuburan jika tidak dilakukan pengobatan yang tepat.

Penyakit kelamin yang tidak dilakukan pengobatan dengan tepat atau tidak diobati akan menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya dapat mengganggu kesuburan baik itu pada pria maupun wanita. Bagi pria yang mempunyai penyakit kelamin dan tidak segera disembuhkan maka akan menyebabkan

  • Menjadikan kualitas sperma seorang pria menjadi rusak atau buruk sehingga sulit untuk membuahi sel telur wanita
  • Jaringan parut yang dapat menghambat saluran ejakulasi dan uretra atau saluran reproduksi.

Sedangkan efek buruk penyakit kelamin pada wanita yaitu infeksi radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID). Melansir dari Parryscope, penyakit radang panggul (PID) menyebabkan sekitar 20% wanita mengalami penyumbatan saluran tuba. Wanita yang mempunyai penyakit kelamin berpotensi mengalami peradangan pada panggul sehingga membuat jaringan parut pada tuba falopi dan organ reproduksi lainnya. Ketika terjadi jaringan parut maka dapat menghalangi sel telur untuk dibuahi oleh sperma dan tidak terjadi pembuahan. Walaupun dapat dibuahi, jaringan parut ini bisa membuat embrio tidak sampai ke rahim. Jika hal ini terjadi maka memungkinkan wanita mengalami hamil diluar kandungan (kehamilan ektopik).

3 Penyakit kelamin penyebab susah hamil

Anda harus lebih waspada terhadap 3 infeksi menular seksual atau penyakit kelamin ini. Pasalnya jika Anda terinfeksi dan tidak segera diobati maka komplikasinya akan lebih parah. Selain berdampak buruk pada kesehatan penyakit kelamin ini memungkinkan Anda untuk susah mendapatkan momongan. Karena kesuburan pria dan wanita dapat terganggu karena 3 penyakit ini. Untuk itu pahami dan ketahui penyakit kelamin berikut ini agar Anda paham dan dapat mencegah hal buruk pada diri Anda.

3 penyakit kelamin yang berpotensi membuat Anda susah hamil jika tidak segera diobati yaitu:

Kencing nanah atau gonore

Penyakit gonore atau biasa dibilang kencing nanah menjadi infeksi yang bisa dibilang cukup banyak menyerang pria dan wanita. Salah satu faktornya yaitu penularan gonore dapat melalui cairan tubuh pada saat seseorang melakukan hubungan badan. Terkadang gejala awal penyakit kencing nanah ini tidak disadari oleh beberapa orang, sehingga ia dapat menyebarkan bakterinya pada orang lain.

Penyebab kencing keluar darah yaitu karena infeksi dari bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Jika bakteri ini menyerang wanita dan menyebabkan gonore maka akan meningkatkan ia mengalami PID. Kencing nanah yang tidak diobati maka menyebabkan infeksi menjalar sampai ke saluran indung telur dan membuatnya lengket. Ketika ini terjadi maka sel telur menjadi sulit untuk dibuahi dan wanita menjadi susah untuk hamil. Radang panggul pada wanita (PID) dapat meningkatkan ia mengalami kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) karena adanya jaringan parut di tuba fallopi.

Klamidia

Peradangan panggul (PID) yang terjadi pada wanita juga dapat dipicu karena penyakit klamidia yang tidak diobati. Penyakit klamidia disebabkan karena infeksi oleh bakteri Chlamydia Trachomatis melalui hubungan intim. Melansir dari Parryscope , 85% wanita yang menderita penyakit klamidia mereka tidak merasakan gejala. Wanita yang menderita penyakit klamidia dan tidak segera melakukan pengobatan maka akan sangat meningkatkan ia mengalami kerusakan pada tuba fallopi. Selain itu organ reproduksi lainnya seperti serviks (leher rahim) dan saluran kencing juga akan ikut mengalami kerusakan. Ketika organ reproduksi waita mengalami kerusakan maka proses pembuahan sel telur akan sulit untuk terjadi. Sehingga membuat wanita menjadi susah untuk hamil.

HIV

Orang yang terinfeksi penyakit HIV, sistem kekebalan tubuhnya akan menurun atau terganggu. Jika sistem imunitas tubuh seseorang turun maka akan akan menurunkan tingkat kesuburan dan kualitan hidup menjadi buruk. Kita tahu bahwa kondisi imunitas tubuh yang buruk akan memudahkan tubuh terkena penyakit terutama penyakit menular seksual.

Wanita yang mengidap penyakit HIV masih bisa memungkinkan ia mengalami kehamilan dan mempunyai keturunan. Yang harus digaris bawahi pada wnaita yang terinfeksi HIV yaitu harus melakukan pengobatan jika ia ingin hamil dan melahirkan bayi yang tidak tertular HIV.

Susah hamil pada wanita yang disebabkan oleh 3 penyakit kelamin di atas masih bisa dihindari dengan catatan penyakit harus segera diobati. Dengan melakukan pengobatan sedini mungkin maka dapat mencegah komplikasi yang memperburuk kesehatan bahkan membuat susah hamil. Ketika ada muncul gejala yang tidak biasa pada organ intim maka Anda patut curiga dan segera melakukan konsultasi dengan dokter kelamin terdekat. Hal demikian dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan pengobatan penyakit kelamin sedini mungkin.

Penting bagi pria dan wanita melakukan pengecekkan dan konsultasi untuk penyakit kelamin secara rutin pada setiap tahun. Tujuannya selain untuk pencegahan juga dapat mengobati dengan cepat jika diketahui ada infeksi penyakit seksual pada tubuh Anda. Jika hal ini dilakukan maka peluang anda untuk hamil akan meningkat karena ketika ada infeksi akan segera diobati dengan tuntas.

Anda ingin tahu bagaimana cara melindungi diri dari penularan infeksi penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang menjadi penyebab sulit hamil. Segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael dengan menghubungi nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman melalui link https://bit.ly/Klinikraphael. Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.