Manfaat Senam Kegel Sederhana untuk Pria dan Wanita

Diposting pada
Manfaat Senam Kegel Sederhana

Melatih otot bulbocavernosus dengan Anda rutin melakukan senam kegel dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Otot pubococcygeus (pc) menahan dan melekat pada tulang panggul juga terlibat dalam orgasme, kontrol urine, kesuburan dan persalinan. Pada pria, jika otot bulbocavernosus kuat maka akan membantu ereksi menjadi lebih optimal. Otot ini juga dapat membantu uretra menjadi kosong setelah buang air kecil. Seperti masalah inkontinesia atau prolaps cukup sering dialami oleh pria mapun wanita pada masa hidupnya.

Dr. Arnold Kegel seorang ahli ginekolog yang mempopulerkan senam kegel atau kegel exercises, bertujuan untuk relaksasi panggul secara non-bedah. Melansir dari WebMD, senam kegel yaitu senam rutin yang mempunyai manfaat untuk memperkuat otot dasar panggul bagian bawah (pubococcygeus) pada pria maupun wanita. Usus kecil, rektum, otot-otot di bawah rahim dan kantong kemih termasuk dalam otot panggul bagian bawah.

Anda bisa mencoba melakukan latihan kegel dengan rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Pada kasus wanita yang sedang hamil otot dasar panggul menopang usus, rahim dan kandung kemih. Lalu setelah melahirkan rentan mengalami inkontinensia. Baiknya setelah 6 minggu pasca melahirkan dapat mulai melakukan senam kegel, atau sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terdekat.

Mengapa perlu melakukan senam kegel?

Otot-otot dasar panggul akan mulai melemah fungsinya seiring menunya usia seseorang. Dengan rutin melakukan senam kegel maka akan dapat memperkuat otot dasar panggul. Jika otot dasar panggul melemah maka akan meningkatkan resiko bagi seorang wanita mengalami prolaps organ panggul (POP). Dimana organ panggul mulai melemah dan keluar dari vagina (rahim turun) yang menyebabkan buang air kecil yang tidak disengaja.

Banyak faktor yang meningkatkan wanita mengalami POP, diantaranya:

  • Penuaan
  • Berat badan berlebih
  • Sering mengejan saat BAB
  • Genetik atau faktor keturunan
  • Hamil dan melahirkan secara normal melalui vagina
  • Efek dari batuk, bersin atau tertawa yang memberikan efek dorongan pada organ panggul

Jika Anda mengalami beberapa hal berikut ini maka itu pertanda Anda harus mulai melakukan senam kegel secara rutin. Beberapa hal yang dimaksud yaitu:

  • Tinja bocor atau inkontinensia tinja
  • Tiba-tiba ingin buang air kecil dan tidak bisa untuk menahannya (urinary urge incontinence)
  • Inkontensia stress yaitu saat Anda bersin, tertawa atau batuk terjadi kebocoran beberapa tetes urine

Manfaat latihan kegel bagi kesehatan

Jika senam kegel dilakukan secara rutin dan benar, maka akan memberikan manfaat bagi pria maupun wanita. Tak hanya manfaat bagi kesehatan, senam kegel juga mempunya manfaat bagi kehidupan seksualitas. Untuk itu latihan kegel menjadi salah satu cara alternatif yang sangat membantu.

Manfaat untuk wanita

1. Mengurangi kemungkinan inkontenensia

Mengutip dari Parenting First Cry, otot dasar panggul pada wanita dapat melemah oleh banyak faktor, seperti saat hamil, proses melahirkan, berat badan berlebih dan penuaan. Ketika terjadi pelemahan oto dasar panggul maka organ panggul dapat turun ke vagina. Dampaknya, wanita yang mengalami ini akan menyebabkan kesulitan menahan buang air kecil (inkontenensia) dan rasa yang tidak nyaman.

2. Pemulihan saat hamil dan pasca melahirkan

Ketika wanita hamil, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan latihan kegel. Tujuannya untuk memperlancar ketika proses melahirkan yaitu membuka jalan lahir untuk bayi. Kemudian, pacsa melahirkan senam kegel dapat bermanfaat untuk mengembalikan fungsinya kembali setelah proses melahirkan normal.

Saat proses melahirkan mungkin saja rahim, leher rahim dan otot vagina Anda menjadi robek. Untuk menghindari masalah kesehatan dalam jangka panjang, maka otot ini harus diperkuat. Salah satu caranya dengan melakukan senam kegel. Karena dengan senam kegel aliran darah ke area tersebut akan lancar sehingga otot dasar panggul dapat cepat kembali pulih.

3. Meningkatkan seksualitas dengan suami

Setelah seorang wanita melahirkan mungkin saja membuat area keintiman wanita menjadi kurang maksimal saat hubungan intim. Dengan melakukan senam kegel maka otot dasar panggul akan lebih kuat dan kencang kembali. Sehingga dengan kencangnya otot dasar panggul maka akan meningkatkan orgasme dan keintiman dengan suami. Manfaat lain yaitu :

  • Hubungan intim menjadi lebih bugar
  • Dinding vagina akan menjadi lebih kuat dan kencang
  • Mendapatkan orgasme yang lebih intens

Manfaat untuk pria

1. Mengurangi kemungkinan inkontenensia

Bagi para pria, senam kegel dapat memberikan manfaat untuk mengontrol buang air kecil ketika mengalami inkontenensia. Karena manfaat senam kegel salah satunya dapat memperkuat otot panggul.

2. Pemulihan setelah operasi prostat dan masalah impotensi

Sudah dibuktikan manfaat senam kegel pada pria yang telah melakukan operasi pada prostatnya. Kandung kemih akan pulih dengan cepat seiring Anda melakukan latihan kegel dengan tepat. Selain itu manfaat lain dari senam kegel yaitu untuk menyelesaikan masalah disfungsi ereksi (impotensi).

3. Membantu mengatasi ejakulasi dini

Masalah ejakulasi dini pada pria menjadi hal yang sangat dikhawatirkan, karena dapat membuat aktivitas seksual anda dengan pasangan menjadi terganggu. Pria yang mengalami ejakulasi dini akan mengurangi rasa kepercayaan diri dan kepuasan pasangan Anda ketika berhubungan intim. Untuk itu senam kegel dapat bermanfaat salah satunya untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Karena senam dapat memperkuat otot-otot dasar panggul yang membantu dalam menahan ejkulasi.

konsultasi klinik raphael
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.