Bisakah Mengobati Kencing Nanah dengan Bawang Putih?

mengobati gonore dengan bawang putih

Klinik Raphael – Banyak yang beranggapan bahwa mengobati penyakit kencing nanah atau gonore dapat menggunakan bawang putih. Apakah hal tersebut benar nyatanya atau hanya isu yang populer ditengah masyarakat. Untuk itu mari kita bahas bersama-sama faktanya berdasarkan beberapa sumber yang memang terbukti sudah kredibel.

Sebelum itu mari kita bahas secara singkat penjelasan tentang kencing nanah atau gonore. Penyakti ini menjadi salah satu dari beberapa penyakit menular seksual (PMS) yang banyak menginfeksi orang-orang. Penyebabnya yaitu infeksi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menular dari orang yang sudah terinfeksi melalui hubungan intim.

Bakteri pada cairan tubuh orang dengan penyakit gonore meliputi sperma atau cairan pada vagina. Ketika berhubungan badan bakteri pada cairan akan ikut berpindah dan menginfeksi.

Bisakan bawang putih sebagai obat gonore?

Sebuah penelitian untuk mengecek efek dari produk bawang putih terhadap bakteri Neisseria gonorrhoeae oleh Phytotherapy Research (2005). Penelirian ini menjelaskan bahwa 47% produk bawang putih menunjukkan aktivitas antimikroba untuk melawan bakteri ini.

Tetapi penelitian ini tidak dilakukan langsung pada orang-orang yang sedang terinfeksi gonore. Melainkan hanya dilakukan di dalam laboratorium. Oleh karenanya harus dilakukan penelitian lanjutan untuk memastikan bahwa bawang putih memang benar dapat menyembuhkan penyakit gonore.

Adapun dr. Yusi Capriyanti dari Alodokter menerangkan pada sebuah jawaban dari pertanyaan tentang konsumsi bawang putih baik untuk penyakit gonore? Ia menjelaskan bahwa mengonsumsi bawang putih pada dasarnya merupakan hal yang baik dan tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Namun efek sampingnya ialah dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan. Ia juga menegaskan bahwa mengkonsumsi bawang putih tidak memiliki bukti empiris yang nyata dalam mengobati kencing nanah.

Dari dua sumber tersebut telah menyebabkan bahwa efektivitas bawang putih terhadap penyembuhan infeksi gonore belumlah terbukti secara pasti. Penelitian harus dilakukan lebih mendalam.

Penanganan awal infeksi gonore

Sangat disarankan ketika Anda merasakan gejala seperti kencing sakit dan adanya nanah yang keluar dari kelamin maka segera hubungi dokter kelamin terdekat. Tujuannya untuk dilakukan pemeriksaan secara medis dan dilakukan penanganan yang tepat. Jika gejala tersebut dibiarkan maka kemungkinan komplikasi seperti:

1. Gangguan kesuburan
  2. Resiko tertular HIV akan semakin meningkat
  3. Infeksi akan menyebar ke sendi dan tulang.

Jika Anda belom sempat melakukan pengobatan kencing nanah, maka beberapa hal yang disarankan oleh honestdocs.id sementara ini yaitu:

1. Disarankan untuk minum air putih lebih dari 2 liter sehari
  2. Saat setelah BAB jangan membersihkan anus dan kelamin berbarengan tetapi cuci tangan setelah membersihkan anus lalu baru lanjut membersihkan kelamin
  3. Usahakan tidak menahan untuk buang air kecil
  4. Dalam penanganan sementara boleh minum obat anti nyeri seperti paracetamol/ibuprofen (aturan minumnya atas saran dari petugas apotek) yang dijual di apotek
  5. Jangan dulu berhubungan intim karena dikhawatirkan bakteri malah akan berpindah ke pasangan dan menyebabkan ia juga terinfeksi penyakit gonore
  6. Dianjurkan untuk melakukan pengobatan dengan dokter kelamin terdekat Anda jika gejala tak kunjung membaik atau malah semakin parah

Gejala yang harus diwaspadai

Awas Anda perlu waspada jika gejala yang dirasakan tidak kunjung membaik atau malah semakin parah. Jangan merasa bahwa gejalanya akan membaik dan nanti akan hilang sendiri. Justru harusnya Anda segera melakukan pengobatan untuk mencegah komplikasi yang semakin bahaya.

Beberapa gejala dari penyakit gonore yang ketika ia muncul maka Anda disarankan untuk berkunjung ke dokter kelamin untuk mengobatinya, yaitu:

1. Sekitar kelamin atau anus terasa gatal
  2. Bengkak dan kemerahan pada alat kelamin
  3. Cairan seperti nanah keluar dari alat kelamin
  4. Buang air kecil menjadi sakit disertai rasa panas

Pengobatan seperti apa yang disarankan

Setelah tau faktanya tenyang mengobati kencing nanah dengan bawang putih tidak benar-benar manjur, lantas pengobatan seperti apakah. Apakah ada pengobatan alternatif lain yang mampu mengobatinya? Kayanya pertanyaan ini banyak muncul dibenak para pembaca.

Jangan khawatir sobat, yang harus diketahui bahwa kencing nanah bisa sembuh total. Asalkan dengan pengobatan yang tepat dan ditangani oleh dokter kelamin berpengalaman. Kami sarankan dalam pengobatan kencing nanah haruslah ditangani oleh dokter karena untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan sembarangan mengkonsumsi antibiotik tanpa diagnosis dan anjuran dari dokter kelamin terdekat.

Dikhawatirkan jika penanganannya kurang tepat malah akan menyebabkan gejala lain atau malah membuat tubuh anda resistensi terhadap antibiotik. Saat tubuh Anda sudah mengalami resistensi antibiotik maka pengobatan untuk kencing bernanah ini akan semakin lama dan perlu pengobatan lanjutan.

Jadi kapan saya harus ke dokter

Sebaiknya ketika gejala penyakit gonore ini baru-baru muncul maka Anda harus peka. Perhatikan gejala apa yang dirasakan dan cobalah untuk mencari informasi seperti diinternet. Tujuannya agar Anda dapat paham apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda dan segera dapat penanganan awal dalam meredakan gejala atau mencegah penularannya.

Selanjutnya jika dirasa memang benar Anda terinfeksi gonore atau penyakit kencing nanah maka cepat-cepat datang ke klinik kelamin terdekat atau penyedia layanan kesehatan lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Jika bakteri baru menginfeksi saluran kemih dan Anda segera mengobatinya maka proses penyembuhan dengan antibiotiknya diharapkan cepat. Namun jika Anda terlambat untuk mengobati, maka proses penyembuhannya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Rekomendasi tempat pengobatan kencing nanah

Untuk itu dalam mengobati gonore ini Anda bisa datang ke tempat pelayanan kesehatan terdekat seperti klinik, puskesmas atau rumah sakit. Supaya ditangai dengan tindakan yang benar oleh dokter kelamin yang mengobati Anda. Karena penyebab penyakit gonore ini akibat infeksi bakteri maka pengobatannya yang bisa dilakukan menggunakan antibiotik.

Segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael dengan menghubungi nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman melalui link https://bit.ly/Klinikraphael. Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.

Klinik kulit kelamin
Penyebab Eksim Kering

Jadwal Operasional Klinik Raphael

Anda bisa datang ke Klinik Raphael untuk mengobati kencing nanah atau gonore dengan dokter yang berpengalaman. Kami akan memberikan solusi dalam menuntaskan nanah yang keluar dari penis Anda.

Silahkan kunjungi halaman testimoni pasien untuk mengetahui hasil dari pengobatan dengan kami. Adapun untuk jadwal operasional klinik kami yaitu:

Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
9:00 am – 2:00 pm
Minggu
Tutup

Form janji reservasi dengan dokter

Isi data diri Anda sebelum melakukan pengobatan karena untuk membuat jadwal pengobatan dengan dokter kami. Jadwal reservasi ini dimaksudkan untuk mengatur supaya pengobatan tidak bentrok dengan pasien lain. Data diri yang Anda berikan, kami pastikan akan aman.