Mungkinkah terkena penyakit kelamin yang sama dua kali?

Diposting pada
penyakik kelamin kambuh lagi

Beberapa penyakit kelamin seperti klamidia, gonore, sipilis ataupun trikomoniasis dapat diobati dan disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Meskipun sudah dinyatakan sembuh dengan melakukan cek laboratorium, rasa masih takut akan terkena penyakit kelamin yang sama dua kali bagi penderita mungkin ada. Apakah mungkin penyakit kelamin dapat kambuh lagi walaupun sudah diobati sampai tuntas?

Tetapi bahkan setelah menerima perawatan sebelumnya, apakah mungkin penyakit menular seksual kambuh? Ya, itulah jawabannya. Anda tetap berisiko tertular penyakit kelamin yang sama bahkan setelah menerima pengobatan dan dianggap sembuh.

Bisakah terkena penyakit kelamin yang sama dua kali?

Meskipun sudah melakukan pengobatan dana dinyatakan sembuh, ternyata masih bisa berisiko terkena penyakit kelamin yang sama. Akan tetapi ini tergantung dari jenis penyakit kelamin yang dialami sebelumnya. Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi berulang kali, contohnya seperti klamidia, gonore, sipilis, bakterial vaginosis ataupun trikomoniasis. Sementara itu, jika terkena penyakit HIV, herpes oral ataupun herpes genital, penyakit ini akan terus menular seumur hiudp.

Selain itu juga ada beberapa hal yang membuat terkena penyakit kelamin yang sama meskipun sudah melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh, di antaranya:

  • Mengkonsumsi obat yang tidak tepat

Setiap penyakit kelamin disebabkan oleh bakteri atau patogen yang berbeda, sehingga pengobatannya pun berbeda. Contohnya seperti antibiotik yang digunakan untuk penyakit sipilis yang mungkin ampuh untuk mengobatinya, akan tetapi tidak untuk jenis penyakit kelamin yang lainnya. Jadi, pastikan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan anjuran dokter kelamin terdekat.

  • Tidak menghabiskan obat

Tidak menghabiskan antibiotik atau menyisakan antibiotik yang seharusnya dihabiskan dapat membuat terkena penyakit kelamin yang berulang dan mungkin susah sembuhnya, dan juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi terhadap antibiotik.

  • Melakukan seks tidak aman

Melakukan hubungan seks tanpa pengaman (kondom), ditambah lagi dengan pasangan seks yang terinfeksi penyakit menular dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kelamin berulang.

Mencegah penyakit kelamin kambuh kembali

Bakteri dan parasit penyebab infeksi menular seksual sebenarnya relatif mudah untuk diobati. Namun dengan catatan wajib untuk mematuhi aturan pemakaian yang sudah dijelaskan oleh dokter. Hal tersebut bertujuan untuk penderita dan pasangannya bisa sembuh total dan tidak terkena penyakit kelamin yang berulang.

Berikut ini tips untuk mencegah penyakit kelamin kambuh lagi:

  • Melakukan pengobatan sampai tuntas

Pengobatan dengan cara minum antibiotik atau dengan pengobatan lainnya, sebaiknya melakukan pengobatan dengan tuntas sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dapat membunuh bakteri penyebab infeksi menular seksual dan mencegah untuk kambuh lagi.

  • Melakukan pemeriksaan penyakit kelamin untuk pasangan

Pastikan terlebih dahulu anda dan pasangan untuk melakukan tes/cek penyakit kelamin. Dikarenakan jika hanya salah satu yang menjalani pemeriksaan, maka anda atau pasangan berisiko terkena penyakit kelamin secara bergantian.

  • Tidak berhubungan seks selama masa pengobatan

Disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama pengobatan, dikarenakan jika tetap melakukan hal tersebut dalam masa pengobatan, maka kemungkinan saling menular kan penyakit kelamin satu sama lain sangat besar.

Konsultasikan keluhan Anda dengan klinik raphael cikarang untuk segera mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Dokter kelamin terbaik kami akan segera merespon keluhan Anda.

Terima kasih dan semoga sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.