kista-ateroma
Foto penyakit kista ateroma

Kista Ateroma, Ketahui Ciri dan Cara Mencegahnya

Diposting pada

Kista ateroma merupakan kista lunak yang tumbuh dibawah kulit yang bukan tergolong tumor ganas atau pun kanker. Kista ateroma seringkali tumbuh di leher, punggung atau pun paha.

Penyakit kista ateroma yang disebut juga dengan kista sebasea atau pun kista epidermoid ini merupakan jenis kista yang paling umum ditemukan pada kulit. Perlu diketahui biasanya kista ini tidak terasa nyeri dan juga tidak menular.

Namun, kista ateroma dapat terinfeksi yang ditandai dengan adanya gejala berupa sakit ketika disentuh, bengkak dan juga kemerahan.

Cara Membedakan Kista Ateroma dengan Bisul

Adalah hal yang wajar jika ada kesulitan dalam membedakan apakah benjolan di suatu bagian tubuh merupakan kista ateroma atau bisul, karena keduanya muncul sebagai benjolan di bawah permukaan kulit.

Perbedaan utama antara kista ateroma dan bisul adalah adanya infeksi bakteri atau jamur pada bisul. Bisul dapat menular atau menyebar ke bagian tubuh lain melalui kontak langsung.

Umumnya kista ini terjadi setelah seseorang mengalami trauma di kelenjar sebasea, sementara bisul disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan flora normal di kulit dan hidung.

Ketika kulit terluka, bakteri ini dapat masuk dan menyebabkan infeksi, yang menghasilkan bisul sebagai respons imun tubuh.

Penyebab Kista Ateroma

Disebabkan oleh adanya kerusakan atau penyumbatan pada kelenjar sebasea, yaitu kelenjar yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak (sebum) pada kulit. Ada pun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya kelenjar sebasea rusak atau tersumbat antara lain:

  • Faktor genetik atau turunan
  • Luka bekas operasi
  • Akibat garukan atau goresan
  • Masalah pada kulit seperti jerawat
  • Infeksi human papillomavirus (HPV)

Ciri-Ciri Kista Ateroma

Gejala utama dari kista ateroma adalah adanya benjolan yang tumbuh dibawah kulit tetapi tidak menimbulkan nyeri. Untuk ukuran benjolan dapat berbeda-beda, tetapi pada umumnya berukuran kecil.

Namun perlu Anda waspadai karena bisa saja kita ateroma ini menjadi besar. Biasanya kita ini sering muncul di bagian leher, kepala, paha bagian dalam juga punggung.

Isi dari kista ini yaitu campuran sebum, sel-sel mati dan juga keratin yang umumnya berwarna putih kekuningan, bertekstur kental dan berbau tidak sedap. Jika terinfeksi, isi kista bisa disertai dengan nanah.

Diagnosis Kista Ateroma

Untuk menentukan suatu diagnosa dokter umumnya dapat langsung mendiagnosis kista ateroma melalui pemeriksaan langsung pada benjolan. Pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan melihat dan juga meraba benjolan kista.

Jika dokter mencurigai benjolan tersebut merupakan gejala dari kanker, maka pasien akan diminta untuk menjalani biopsi.

Komplikasi Kista Ateroma

Kista ateroma dapat terinfeksi dan juga membentuk kantong berisi kumpulan nanah atau abses. Selain itu juga, kista ateroma yang telah diangkat dapat muncul kembali. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, kista ateroma dapat berkembang menjadi kanker kulit. Akan tetapi, angka kejadiannya sangat kecil.

Pencegahan Kista Ateroma

Ada beberapa cara untuk mencegah kista ateroma, yaitu dengan menghindari risiko terjadinya kondisi ini, antara lain:

  • Jangan menggaruk kulit
  • Menjaga kebersihan kulit
  • Menghindari goresan dan juga cedera pada kulit
  • Melakukan pemeriksaan diri ke dokter jika tidak kunjung membaik

Dalam upaya mencegah terjadinya infeksi pada kista ateroma, hindari untuk menusuk, membelah ataupun menggoresnya dengan benda apapun.

Periksakan diri ke dokter jika merasakan adanya benjolan dibagian tubuh tertentu. Pemeriksaan perlu untuk dilakukan untuk mengetahui penyebab dari munculnya benjolan, hal ini dikarenakan banyak kanker yang gejala awalnya tampak seperti kista.

Sangat dianjurkan untuk ke dokter jika kista ateroma membesar dengan cepat, pecah, terinfeksi, menimbulkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan. Serta juga jika kista ateroma tumbuh dibagian kulit yang mengakibatkan kista tersebut sering tergesek dan juga terluka.

Hubungi Klinik Raphael Cikarang jika Anda ingin mengetahui lebih jelas apa itu penyakit Kista ateroma. Konsultasi gratis dinomor whatsapp yang tertera di bawah ini.

konsultasi dokter online
Konsultasi dengan Dokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *