Inilah Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Vagina

Diposting pada

Menjaga kesehatan vagina merupakan keharusan bagi setiap wanita. Vagina yang sehat secara alami bersifat asam dan mengandung banyak bakteri menguntungkan untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempertahankan tingkat pH (tingkat keasaman) normal. Vagina yang sehat juga akan mengeluarkan cairan untuk menjaganya tetap bersih. Gangguan apapun pada kondisi daerah vagina yang normal tersebut  dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada vagina. Klinik Raphael akan membantu anda dalam mempelajari bagaimana cara untuk menjaga kesehatan vagina.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Vagina :

Membasuh vagina dengan benar

Vagina perlu dibersihkan atau dibasuh setiap kali habis buang air kecil dan buang air besar. Cara membasuh atau membersihkan vagina yang benar adalah dari arah vagina menuju anus. Hal ini untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina yang dapat menyebabkan infeksi. Setelah membasuh atau membersihkan vagina, jangan lupa untuk mengeringkan dengan tisu atau handuk, agar area vagina tidak lembap dan jadi sarang berkumpulnya kuman atau bakteri.

Menjaga keseimbangan pH vagina

Tingkat keasaman (pH) vagina yang normal adalah 3,8-4,5. Tidak disarankan untuk membersihkan vagina menggunakan sabun yang mengandung pewangi atau parfum, gel, atau antiseptik karena dapat menganggu keseimbangan pH dan bakteri baik pada vagina.
Selain itu, tidak dianjurkan pula penggunaan produk pembersih kewanitaan, baik yang digunakan di luar maupun yang disemprotkan ke dalam vagina (douching), karena dapat mengganggu pH normal vagina.

Menggunakan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi, seperti kondom, penting dilakukan saat akan berhubungan seksual. Hal ini guna mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.
Akan tetapi, pemakaian alat kontrasepsi yang salah dapat menimbulkan iritasi vagina. Untuk mencegah terjadinya iritasi, gunakan kondom bersamaan dengan pelumas yang berbahan dasar air. Hindari penggunaan pelumas dengan kandungan minyak, karena berisiko merusak kondom, sehingga keefektivitasan kondom akan berkurang.

Membersihkan vagina saat menstruasi

Saat menstruasi, bersihkan vagina lebih dari dua kali sehari, dan sering-seringlah mengganti pembalut saat sudah terasa lembap atau basah. Selain vagina, perineum (bagian antara vagina dan anus) dan area sekitar vagina juga perlu dibersihkan saat menstruasi. Untuk membersihkan vagina saat menstruasi, cukup gunakan air hangat.

Menggunakan pakaian dalam yang tepat

Pilihlah celana dalam dengan bahan katun  karena bahan ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap keringat. Cuci pakaian dalam dengan sabun yang kandungan deterjennya sedikit dan hindari pelembut pakaian. Jangan lupa juga untuk mengganti celana dalam secara teratur, terutama jika sudah terasa basah atau lembap.

Mencukur rambut kemaluan seperlunya

Rambut kemaluan berfungsi untuk mencegah masuknya dari bakteri, kotoran, gesekan, atau keringat ke dalam vagina. Oleh karena itu, cukur bulu seperlunya saja. Gunakan gel atau krim khusus saat mencukur bulu kemaluan, agar vagina tidak lecet.

Selain cara-cara di atas, mempraktikkan seks aman dan sehat dengan tidak bergonta-ganti pasangan seksual juga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina, hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit menular seksual.

Klinik Raphael adalah sebuah klinik yang berlokasi di Bekasi. Klinik ini merupakan pusat dari pengobatan kulit dan kelamin yang memiliki keunggulan tempat yang terjaga privasinya dengan biaya berobat yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang memadai dalam melakukan praktek ataupun pengobatannya. Klinik Raphael juga membuka pelayanan kesehatan untuk pengobatan penyakit menular seksual untuk pria maupun wanita.

Lokasi : Jl. MH. Thamrin No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17520.

Jam Operasional :

Senin-Jum’at (09.00-19.00 WIB)
Sabtu (09.00-14.00 WIB)
Minggu (Libur)

konsultasi klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *