menghilangkan kutil kelamin

Cara Mengobati Kutil Kelamin Sampai Tuntas dan Ampuh

Diposting pada

Cara mengobati kutil kelamin membutuhkan perhatian medis yang tepat dan terarah. Salah satu metode pengobatan yang umum digunakan adalah krioterapi, di mana kutil dibekukan menggunakan nitrogen cair untuk merontokkannya.

Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan penggunaan obat topikal yang mengandung asam salisilat atau imiquimod untuk membantu mengurangi pertumbuhan kutil.

Dalam beberapa kasus, pembedahan atau prosedur laser mungkin diperlukan untuk menghilangkan kutil yang resisten terhadap pengobatan lainnya.

Kutil kelamin mungkin merupakan ‘penyakit’ yang malu dibicarakan oleh penderitanya. Ada banyak orang yang memilikinya. Siapa pun pasti ingin terbebas dari penyakit, bukan? Untungnya, ada banyak metode untuk cara mengobati kutil kelamin.

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papillomavirus) dan dapat menyebabkan pertumbuhan kutil di area genital.

Kutil kelamin bukanlah penyakit langka atau tidak biasa, menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Setiap tahun, hampir 1 juta kasus baru kutil kelamin didiagnosis di Amerika Serikat.

Meski di Indonesia belum ada angka pasti, kutil kelamin menduduki peringkat pertama kasus baru infeksi menular seksual, menurut data poliklinik infeksi menular seksual RSCM Jakarta (2008 – 2011). Meningkat cukup cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Itu hanya termasuk pasien yang memeriksakan diri, bukan yang punya tapi malu mengakuinya. Memang setiap orang yang memiliki kutil kelamin harus segera memeriksakan diri ke dokter, namun jika orang tersebut malu, Anda bisa mencoba cara alami menghilangkan kutil kelamin di rumah.

Gejala Kutil Kelamin

Ketika Anda memiliki kutil kelamin, Anda mungkin mengalami rasa tidak nyaman dan gatal di area genital.

Munculnya kutil sangat berbeda antara pria dan wanita. Anda harus menyadari tanda dan gejala kutil kelamin berikut ini:

  • Munculnya benjolan jaringan kulit berwarna kecoklatan atau kemerahan di area kelamin.
  • Permukaan atasnya berbentuk kembang kol dan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh.
  • Gatal atau nyeri di area kelamin
  • Saat berhubungan, terjadi pendarahan.
  • Kutil bisa sangat kecil dan rata sehingga tidak diperhatikan.

Lokasi Munculnya Kutil

Halo Sobat Raphael, infeksi kutil kelamin ini bisa muncul tidak hanya di area kelamin, tapi juga di mulut dan tenggorokan. Kutil dapat menyebar, yang sangat berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Kutil kelamin pria dapat muncul di area berikut:

  • Penis
  • Skrotum
  • Selangkangan
  • Paha
  • Di dalam atau di dekat anus
konsultasi dokter online

Kutil ini dapat muncul pada wanita di area:

  • Di liang vagina atau anus
  • Bagian luar vagina, juga dikenal sebagai anus
  • Terletak di leher rahim

Kutil kelamin juga bisa muncul di bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan seseorang yang pernah melakukan kontak seksual oral dengan pembawa virus kutil kelamin.

Pengobatan Kutil Kelamin dengan Bahan Alami

cara-mengobati-kutil-kelamin

Banyak pengobatan alami untuk kutil yang patut dicoba, termasuk cuka sari apel, minyak pohon teh, lidah buaya, dan sayuran hijau. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di bawah ini untuk menghilangkan kutil kelamin, diantaranya:

  • Tea tree oil. Memiliki kandungkan antijamur yang berkhasiat untuk menekan pertumbuhan virus yang termasuk penyebab kutil kelamin. cara pengobatannya bisa dengan menggunakan kapas yang sudah dilarutkan tea tree oil dengan minyak kelapa atau zaitun.
  • Bawang putih. Begitupun kandungan yang ada pada bawang putih, sama dengan tea tree oil pada bawang putih terkandung antivirus yang bisa menekan pertumbuhan sel kutil kelamin. Cara mengobatinya yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu oleskan dan biarkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Cobalah cara ini setiap hari sampai kutil kelamin sembuh.
  • Lidah buaya. Kandungan malic acid  dan vitamin c dalam lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan dan mengurangi peradangan akibat kutil kelamin. Cara pengobatannya yaitu Anda bisa mengoleskan 1 sampai 2 sendok dari ekstrak lidah buaya pada area yang terdapat kutil. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit yang bisa dilakukan dua kali salam sehari.
  • Cuka apel. Selain dapat menjadi salah satu bahan untuk perawatan kulit, kandungan asam dalam cuka apel juga bisa membantu melawan virus. Cara mengatasinya sama yaitu dengan mengoleskan area kutil dengan cuka apel menggunakan kapas.
  • Sayuran hijau. Konsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat membantu mengatasi kutil di kelamin. Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung serat seperti kembang kol, brokoli dan kubis. Konsumsi sayuran hijau ini perharinya disarankan 4 sampai 5 kali.

Cara Mengobati Kutil Kelamin

pengobatan kutil kelamin

Obat bebas yang biasa ditemukan di apotek mungkin tidak cukup untuk menghilangkan kutil kelamin sepenuhnya.

Akibatnya, Anda harus segera berobat ke dokter kelamin terbaik. Hanya pasien dengan kutil yang terlihat yang akan dirawat oleh dokter. Metode pengobatan ditentukan oleh lokasi kutil, jumlah kutil, dan tampilan kutil.

Kutil kelamin dapat diobati sampai tuntas dan ampuh dengan cara sebagai berikut:

Obat dioleskan secara topikal

Topikal berarti obat dioleskan langsung ke tampilan kutil. Perawatan kutil topikal yang mengandung imiquimod (Aldara), podophyllin, podofilox (Condylox), asam trikloroasetat, atau TCA mungkin diresepkan oleh dokter Anda.

Penanganan ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di klinik. Perawatan dapat berlangsung beberapa minggu. Operasi kecil mungkin dibutuhkan untuk mengatasi penyakit kelamin jika kutil kelamin tidak kunjung hilang.

Cukup baca artikel di bawah ini untuk mempelajari tentang metode bedah untuk menghilangkan kutil kelamin.

Cryotherapy

Cryotherapy adalah metode menghilangkan kutil yang melibatkan pembekuan area kutil dengan nitrogen cair. Proses pembekuan menyebabkan teriknya lapisan kulit di sekitar kutil.

Saat kulit sembuh, lesi atau jaringan kutil rontok, memperlihatkan kulit baru. Terkadang satu sesi perawatan ini tidak cukup. Kutil benar-benar hilang setelah beberapa operasi.

Elektrokauter

Tidak seperti cryotherapy, yang menggunakan suhu dingin untuk menghancurkan kutil, elektrokauter menggunakan arus listrik untuk menghancurkan kutil. Prosedur ini biasanya memerlukan penggunaan bius atau bius lokal pada pasien.

laser

Selain suhu dingin dan arus listrik, laser juga bisa digunakan. Terapi laser juga merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan jaringan kutil.

Operasi

Cara mengatasi kutil yang terakhir adalah dengan melakukan operasi langsung pada area kutil.

Kutil akan dipotong atau dipotong segera untuk menghilangkannya. Pasien biasanya diberikan anestesi lokal untuk prosedur ini. Dokter dapat menggunakan kombinasi metode untuk menghilangkan kutil kelamin.

konsultasi-dokter-kelamin-online

Pengobatan Kutil Kelamin pada Ibu Hamil

Kutil bisa tumbuh di vagina ibu hamil dan bisa ditularkan ke bayi saat proses persalinan. Jika ukuran dan jumlah kutil bertambah, prosedur pengangkatan kutil dapat dilakukan.

Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan metode mana yang terbaik untuk Anda. Karena Anda perlu mengetahui kondisi dan tingkat keparahan kutil.

Sebagian besar ibu hamil dengan kutil kelamin masih bisa melahirkan secara normal. Namun, dalam beberapa kasus, ibu mungkin diberikan pilihan untuk melahirkan secara caesar.

Setelah Operasi Pengangkatan Kutil

Karena pasien akan dibius, pengobatan di atas umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Sebaliknya, pasca perawatan terkadang dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi hingga dua hari.

Orang yang mengalami ketidaknyamanan setelah pengobatan dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang telah diresepkan oleh dokter kelamin.

Pasien harus menahan diri untuk tidak menggunakan rendaman minyak, sabun, atau krim sampai perawatan mereka selesai. Mandi air hangat dapat membantu menghilangkan rasa sakit jika Anda kesakitan.

Area yang dirawat harus benar-benar kering setelah mandi. Jika mengalami gejala yang mengganggu, segera hubungi dokter kelamin terbaik.

Berapa Lama Kutil Kelamin Bisa Sembuh?

obat kutil kelamin

Sayangnya, sampai sekarang belum ada jawaban pasti untuk menjawab pertanyaan ini. Karena pada setiap orang waktu penyembuhan infeksi kutil kelamin berbeda-beda. Berikut ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhan kutil kelamin, termasuk:

  • Kondisi tubuh orang yang terinfeksi
  • Sistem kekebalan tubuh
  • Jenis HPV yang menyebabkan infeksi
  • Jumlah dan ukuran kutil yang menginfeksi
  • Apakah ia sedang menjalani pengobatan atau tidak.

Dalam beberapa kasus orang yang terinfeksi kutil kelamin dapat sembuh dengan sendirinya. Namun butuh waktu (berbeda pada setiap orangnya) beberapa minggu sampai beberapa tahun. Harus diketahui dalam waktu tersebut, kutil kelamin bisa saja malah lebih cepat berkembang dan menyebar ke area kulit lain.

Oleh karenanya Anda tidak disarankan untuk menunggu infeksi ini sembuh dengan sendirinya. Dikhawatirkan jika tidak segera ditangani, kutil kelamin malah semakin banyak dan mungkin malah menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Berkunjunglah dengan pelayanan kesehatan setempat untuk meminta pengobatan.

Faktor Penyebab Kutil Kelamin

Telah diketahui bahwa ada lebih dari 100 jenis HPV dan hanya 40 jenis yang bisa menginfeksi anus dan organ kelamin. Walaupun penyebab utama infeksi kutil kelamin akibat aktivitas hubungan seksual dengan orang yang sudah terinfeksi. Namun ada beberapa faktor penyebab meningkatnya seseorang terinfeksi kutil kelamin.

Berikut beberapa faktor penyebab rentannya seseorang terinfeksi kutil kelamin, seperti:

  • Aktifitas seksual yang tidak sehat. Resiko terinfeksi kutil kelamin akan lebih tinggi jika seseorang berganti pasangan intim dan berhubungan badan tidak menggunakan kondom.
  • Sistem imun yang lemah. Virus akan lebih mudah menginfeksi jika seseorang jika sistem kekebalan tubuhnya melemah atau sedang terganggu.
  • Penggunaan tembakau. Orang yang menggunakan tembakau secara rutin bisa meningkatkan resiko terinfeksi kutil kelamin. Karena merokok dapat mendai penyebab sistem imunitas tubuh seseorang dapat melemah, sehingga lebih rentan terinfeksi virus.
  • Usia. Usia orang yang terinfeksi kutil kelamin ini mempunyai rentang antara 17 sampai 33 tahun. Walaupun infeksi ini dapat terjadi pada usia lebih muda atau lebih tua, namun kebanyakan orang terinfeksi dengan rentang usia 17 sampai 33 tahun.
  • Kondisi kulit yang lembap. Kulit di area sekitar kelamin, anus atau lipatan kulit sekitar paha mempunyai kondisi yang lebih lembap. Hal ini memudahkan infeksi kutil menyebar pada area tersebut.
  • Orang dengan riwayat infeksi HPV. Seseorang yang sebelumnya pernah terinfeksi virus jenis HPV, ia memiliki resiko lebih tinggi untuk kembali terinfeksi. Hal ini dapat terjadi jika kondisi sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah atau infeksi sebelumnya belum benar-benar sembuh.
  • Keturunan. Walaupun untuk poin ini jarang terjadi, namun untuk beberapa kasus penyebab infeksi kutil kelamin bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

Bisakah Kutil Kelamin Muncul Kembali?

Virus yang dikenal sebagai human papilloma virus menyebabkan kutil kelamin (HPV). Ada banyak jenis HPV.

Virus HPV dapat tetap berada di kulit Anda dan menyebabkan kutil baru terbentuk. Alhasil, meski kutil sudah tidak terlihat lagi atau sudah hilang, Anda tetap bisa menularkannya dan risiko kutil kambuh tetap ada.

Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

Membatasi pasangan seksual Anda dan mendapatkan vaksinasi dapat membantu Anda menghindari kutil kelamin. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda pertimbangkan.

  • Vaksin

Vaksin HPV Gardasil dan Gardasil 9 dapat melindungi pria dan wanita dari jenis HPV paling umum yang menyebabkan kutil kelamin. Selain itu, dapat melindungi Anda dari jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan vaksinasi HPV rutin untuk anak perempuan dan laki-laki antara usia 11 dan 12 tahun, meskipun dapat diberikan sejak usia 9 tahun.

Bergantung pada usia, vaksin ini diberikan dalam dua atau tiga suntikan. Kedua jenis vaksin ini harus diberikan sebelum seseorang aktif secara seksual karena keduanya bekerja paling baik sebelum seseorang terpapar HPV.

  • Seks yang baik dana man untuk Anda

Jagalah hubungan seksual yang sehat agar tidak tertular atau menularkan virus kutil kelamin. Di bawah ini beberapa saran yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit kutil kelamin, seperti:

  1. Mendapatkan vaksinasi.
  2. Jika pasangan Anda memiliki riwayat penyakit kutil kelamin atau infeksi menular seksual lainnya, gunakan kondom saat berhubungan seks.
  3. Jangan terlalu sering berganti pasangan seksual.
  4. Jangan berhubungan seks saat menjalani penanganan kutil kelamin.
  5. Berhenti merokok; banyak perawatan kutil kelamin bekerja lebih baik jika Anda tidak merokok.

Kapan Harus ke Dokter Kelamin?

konsultasi dokter online
Pelayanan konsultasi dokter online gratis

Jika cara penanganan kutil kelamin yang disebutkan sebelumnya tidak berhasil, saatnya berkonsultasi dengan dokter. Sekalipun kutil sudah hilang, bukan berarti Anda tidak lagi terinfeksi.

HPV dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks dalam kasus yang jarang terjadi. Ini terjadi ketika lebih dari satu jenis HPV menginfeksi tubuh.

Belum lagi, karena virus bisa bertahan lama di dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala, bahkan jika kutil sudah sembuh, bisa kambuh lagi.

Alhasil, Anda tetap harus menemui dokter agar penanganannya bisa tuntas. Kutil kelaminnya bisa jadi disebabkan oleh penyakit menular seksual. Jika demikian, pengobatan tambahan biasanya diperlukan untuk menghindari penularan ke pasangan Anda.

konsultasi-dokter-kelamin-online

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *