Pengobatan Kutil Kelamin

Diposting pada
pengobatan kutil kelamin

Pengobatan kutil kelamin biasanya menggunakan obat topikal yang berbentuk krim, salep atau cairan, tetapi obat topikal ini berbeda dengan obat untuk pengobatan kutil biasa. Sehingga jangan disamakan antara pengobatan kutil biasa dengan kutil kelamin karena dari obatnya saja berbeda.

Kutil kelamin merupakan benjolan kecil atau kutil yang muncul diarea kemaluan atau anus seseorang, penyebabnya karena terinfeksi penyakit menular seksual. Virus yang menyebabkan kutil kelamin yaitu Human Papillima Virus (HPV) jenis tertentu. Efeknya bisa menimbulkan sensasi seperti terbakar pada alat kelamin, gatal, nyeri atau sakit ketika hubungan seksual.

Pengobatan kutil kelamin biasanya menggunakan obat topikal atau melalui prosedur ablasi. Apa yang dimaksud dengan obat topikal dan prosedur ablasi tersebut ? yuk kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

Jika menurut anda infeksi kutil kelamin semakin bertambah maka jangan tunggu lama lagi segera konsultasikan dengan klinik raphael.

konsultasi
konsultasi

Pengobatan kutil kelamin menggunakan obat topikal

Obat topikal yang biasa digunakan untuk pengobatan kutil kelamin ini yaitu:

  • Imiquimod
    Obat ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan matinya sel-sel kutil kelamin. Obat imiguimod berbentuk krim yang dapat dioleskan pada area yang terinfeksi kutil kelamin tetapi wanita hamil tidak dianjurkan menggunakan obat ini.
  • Podofilotoksin
    Obat ini dapat meracuni sel-sel kutil kelamin, sehingga dapat mencegah penyebaran tumbuhnya kutil baru diarea lain. Podofilotoksin juga berbentuk krim dan tidak disarankan untuk dipakai pada wanita yang sedang hamil.
  • Asam trikloroasetat
    Efek dari obat trikloroasetat ini terasa panas pada area kutil untuk beberapa saat dan untuk fungsinya dapat menghancurkan protein pada sel-sel kutil kelamin. Obat ini tergolong kedalam obat keras namun aman digunakan pada wanita hamil.

Pengobatan kutil menggunakan prosedur ablasi

Jika pengobatan kutil kelamin dari beberapa obat topikal tidak ada perubahan, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur ablasi yang terdapat beberapa cara yaitu:

  • Elektrokauter
    Prosdur ablasi yang dilakukan untuk membakar sel-sel kutil kelamin menggunakan aliran listrik.
  • Cryosurgery/Cryotherapy
    Proses pembekuan dan pelepasan kutil kelamin menggunakan cairan nitrogen.
  • Suntikan interferon
    Ada dua jenis yaitu suntikan interferon alfa dan suntikan interferon beda. Perbedaannya untuk interferon alfa suntikan diberikan 3 kali dalam seminggu selama 6 minggu untuk interferon beta suntikan diberikan selama 10 hari.
  • Eksisi
    Prosedur pembedahan menggunakan pisau bedah untuk memotong kutil kelamin dan dilakukan penjahitan pada luka setelah dibedah.
  • Bedah laser
    Prosedur pembedahan menggunakan laser untuk merontokkan kutil. Prosedur ini menjadi pilihan terakhir dalam upaya pengobatan kutil kelamin jika obat dan prosedur lain tidak dapat menyembuhkan.

Jika menurut anda infeksi kutil kelamin semakin bertambah maka jangan tunggu lama lagi segera konsultasikan dengan klinik raphael.

konsultasi
konsultasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *