Komplikasi Gonore dan Cara Pengobatannya di Cikarang

komplikasi-akibat-penyakit-gonore

Komplikasi Gonore dan Cara Pengobatannya di Cikarang – Gonore atau lebih dikenal dengan kencing nanah adalah salah satu dari penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae. Penyakit gonore ini paling sering terjadi pada orang yang aktif secara seksual tanpa pengaman (kondom) dan juga berganti-ganti pasangan seksual. Gonore bisa terjadi di bagian tubuh, seperti kelamin, anus, ataupun tenggorokan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gonore lebih menyukai area tubuh yang hangat dan lembab, seperti:

• Uretra adalah tabung yang mengalirkan kandung kemih urin.
  • Mata
  • Tenggorokan
  • Vagina dan penis
  • Anal
  • Saluran reproduksi wanita terdiri dari saluran tuba, leher rahim, dan rahim.

Dalam kebanyakan kasus, infeksi gonore ditularkan melalui seks vaginal, oral, atau anal. Wanita hamil yang terinfeksi dapat menularkannya kepada bayinya, paling sering di area mata.

Gejala infeksi gonore

Masa inkubasi gonore setelah infeksi sangat singkat, berlangsung antara 2 dan 5 hari. Gejalanya berbeda antara pria dan wanita. Dalam kebanyakan kasus, gonore tidak menimbulkan gejala pada wanita. Faktanya, hanya setengah dari wanita yang terinfeksi yang mengalami gejala.

Namun, jika tidak ingin menimbulkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari, ada baiknya Sahabat RAPHAEL mengenalinya. Yuk, pelajari gejala Gonore berikut ini:

Gejala kencing nanah pada pria

Laki-laki membuat sebagian besar pasien gonore. Diantara gejala yang ditimbulkan adalah :

• Keluar cairan dari penis bisa jernih, keruh, atau seperti nanah.
  • Buang air kecil menyebabkan rasa sakit (disuria) dan sensasi terbakar.
  • Daerah kemaluan menjadi merah dan bengkak.

Gejala kencing nanah pada wanita

Sementara itu, sebagian besar wanita tidak menunjukkan gejala. Hanya 50% pasien yang mengalami gejala, yang seringkali ringan dan dapat salah didiagnosis sebagai infeksi kandung kemih atau vagina.

Keputihan tidak normal, sensasi nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dan pendarahan vagina adalah gejala yang paling umum.

Komplikasi Gonore

Pada wanita umumnya gonore tidak menimbulkan gejala, berbeda dengan pria yang lebih sering menimbulkan gejala. Jika tidak ditangani dengan tepat, dapat menimbulkan komplikasi gonore yang lebih serius baik pada pria, wanita maupun bayi.

Berikut komplikasi gonore yang dapat terjadi :

• Wanita : komplikasi gonore bisa menyebar ke uterus dan saluran tuba yang dapat menyebabkan terjadinya radang panggul. Hal tersebuit dapat memperbesar komplikasi kehamilan dan juga infertilitas.
  • Pria : komplikasi gonore bisa menyebabkan terjadinya inflamasi pada saluran melingkar di bagian depan testis, tempat saluran sperma berada.hal ini lebih dikenal sebagai epididimitis.
  • Ibu hamil : komplikasi gonore dapat menyebabkan kehamilan ektopik, keguguran, kelahiran yang prematur ataupun bayi lahir dengan masalah pada mata (kebutaan).
  • Bayi : bayi yang tertular dari ibu saat kehaliran dapat menyebabkan terjadinya kebutaan, sakit dan juga infeksi di kulit kepala.

Hal penting yang harus diketahui

Penularan tanpa disadari

Pada wanita umumnya jarang menimbulkan gejala, akan tetapi jika bakteri sudah menyebar luas maka gejala akan muncul seperti keputihan, pendarahan, dan rasa panas saat buang air kecil. Dikarenakan pada kebanyakan wanita tidak menimbulkan gejala, maka wanita lebih rentan menularkan bakteri gonore pada pasangannya. Maka dari itu tanpa adanya pemeriksaan rutin (skrining) yang rutin, sulit untuk mengetahui apakah seseorang memiliki bakteri gonore atau tidak.

Tidak hanya sistem reproduksi

Bakteri gonore sendiri tidak hanya menyerang sistem reproduksi saja. Bakteri ini memang menyerang leher rahim dan saluran tuba yang dapat menimbulkan masalah pada sistem reproduksi. Akan tetapi, bakteri ini juga dapat menyerang anus, uretra, mata ataupun tenggorokan.

Komplikasi gonore yang semakin parah

Jika penyakit gonore tidak segera ditangani dengan benar, akan menimbulkan komplikasi gonore yang lebih serius dan akan lebih sulit untuk diobati atau bahkan tidak dapat diobati.

Dari ibu hamil ke bayi

Bayi yang terinfeksi bakteri gonore dapat dilihat melalui gejala-gejala ketika baru lahir. Dilihat dari kondisi mata bayi dan biasanya akan muncul selama dua pekan pertama. Gejala yang biasanya muncul seperti, mata merah, bengkak dan dapat juga mengeluarkan cairan yang kental seperti nanah.

Hallo sobat RAPHAEL, segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael melalui nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Konsultasi bertujuan untuk mendapatkan solusi terbaik untuk penyembuhan infeksi gonore. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman melalui link https://bit.ly/Klinikraphael. Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.