Tempat Pengobatan Kutil Kelamin Di Bekasi

Diposting pada

Saudah tau kan bahwa kutil bukan hanya dibadan loh, tapi bisa juga terjadi di kelamin. Nah sudah pada tau belum tentang jenis-jenis pengobatan kutil kelamin apa saja? Yuk kita bahas lebih lanjut tentang pengobatan apa saja untuk kutil kelamin.

Penanganan dan obat apa saja yang ada dilayanan kesehatan ?

Biasanya untuk mengatasi kutil kelamin dapat menggunakan obat topikal seperti krim, salep atau cairan. Namun ingat, obat topikal untuk kutil kelamin berbeda dengan obat kutil biasa, jadi jangan sampai salah dalam memilih, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi atau kutil kelamin yang dialami semakin parah.

Adapun beberapa obat topikal untuk kulit kelamin, yaitu :

  1. Imiquimod

Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan respon imun, sehingga dapat menyebabkan kematian sel-sel kutil. Obat ini dalam bentuk krim, namun perlu diingat obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh wanita hamil.

  1. Podofilotoksin

Obat ini bekerja dengan cara meracuni sel kutil, sehingga dapat menghentikan duplikasi sel dan perkembangan kutil baru. Obat ini dalam bentuk krim, namun perlu diingat obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh wanita hamil.

  1. Asam trikloroasetat

Obat ini berfungsi untuk menghancurkan protein yang ada di bagian dalam sel kutil. Penggunaan obat ini dapat memberikan efek panas pada kulit untuk beberapa saat. Obat ini terbilang obat keras, namun aman digunakan oleh wanita hamil.

Apabila penggunakan obat topikal tidak menunjukkan respon yang positif, maka dari itu dibutuhkan prosedur ablasi melalui beberapa cara, yaitu :

  1. Elektrokauter / Bedah laser

Ini merupakan suatu tindakan bedah dengan menggunakan arus listrik untuk membakar sel-sel kutil, yang disertai kauterisasi untuk mengontrol perdarahan.

  1. Cryosurgery/Cryotherapy

Tindakan ini minimal invasif dan pembiusan ringan yang dilakukan dengan cara membekukan dan melepaskan kutil menggunakan cairan nitrogen.

  1. Eksisi

Metode ini merupakan pembedahan dengan cara memotong kutil dengan menggunakan pisau bedah, kemudia kutil diangkat dan sayatan pada kulit ditutupi dengan jahitan.

  1. Suntikan Interferon

Suntikan ini dikenal dalam dua bentuk, yaitu interferon alfa dan interferon beta. Pada interferon alfa, suntikan atau krim diberikan sebanyak 3x seminggu selama 6 minggu. Sedangkan interferon beta, suintikan diberikan selama 10 hari.

klinik pengobatan kutil kelamin di cikarang

“Tempat Pengobatan Kutil Kelamin Di Bekasi”

Bagi wanita yang sudah didiagnosis kutil kelamin, dianjurkan untuk melakukan pap smear setiap 3-6 bulan setelah perawatan awal. Tindakan ini bertujuan untuk memantau setiap perubahan pada serviks agar dapat dideteksi adanya kanker serviks atau tidak.

Nah gimana pembahasan tentang pengobatan kutil kelamin sudah cukup jelas? Maka dari itu kenali kutil kelamin dari mulai penyebab, gejala dan pengobatannya ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *